Kamis, 31 Mei 2012

Cara Main Kartu UNO












UNO dalam Bahasa Indonesia berarti “Satu”. UNO merupakan sebuah Permainan yang menarik, melatih kesabaran, keuletan, Fokus Mata dan Lain-lain. Perlu diketahui Permainan UNO  ini merupakan salah satu permainan yang populer di Dunia khususnya di tempat Pembuatnya (ITALIA). Kebanyakan orang menganggap UNO kurang menarik dan monoton, namun itu hanya anggapan dari orang yang belum tau cara dan taktik bermain UNO.


Cara Main UNO :
Banyak yang tidak mengetahui cara bermain UNO, padahal sebenarnya bermain UNO itu sangat mudah. Dan bila seseorang sudah mengetahui caranya biasanya orang tersebut akan ketagihan (additected) untuk bermain UNO. PermainanUNO sendiri dimainkan oleh minimal Dua Orang atau lebih. Makin banyak yang bermain, pastinya permainan akan semakin menarik.



Pemenang UNO adalah yang pemain pertama menghabiskan kartu yang ada ditangannya.


Ada 4 warna yang dimainkan dan masing-masing warna ada 2 Kartu, yaitu:
Green (hijau) dari angka 1 hingga 9
Blue (biru) dari angka 1 hingga 9
-Red (merah) dari angka 1 hingga 9
Yellow (kuning) dari angka 1 hingga 9



Untuk Angka masing-masing warna hanya berjumlah 1 (Satu).
Selain kartu angka, terdapat 5 kartu lainnya
Yang pertama (masing-masing berjumlah 8/2 kartu untuk setiap warna) : REVERSE, SKIP dan DRAW TWO.
Kartu Reserve berguna untuk mengubah arah putaran pemain. misalnya semula arah permainan dari si_A, si_B, si_C dan si_D maka bila si_D mengeluarkan kartu REVERSE maka putaran berubah menjadi si_D, si_C, si_B dan si_A.  Awal Permainan biasanya dimulai dengan putaran ke Kiri. Setelah ada yang membuang Kartu Reverse putaran akan berubah ke kanan demikian sebaliknya.



Kartu Skip berguna untuk melewati giliran pemain selanjutnya setelah giliran pemain yang mengeluarkan skip. Misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: si_A, si_B, si_C dan si_D, maka bila si_A mengeluarkan kartu SKIP maka giliran si_B akan dilewati dan selanjutnya yang jalan adalah si_C.
Si_C harus membuang kartu sewarna dengan kartu SKIP yang dibuang si_A atau bisa juga membuang kartu SKIP yang lain (Sewarna ataupun tidak).



Kartu Draw Two berguna untuk membuat pemain selanjutnya mengambil 2 kartu dari kocokan. bila si_A mengeluarkan kartu DRAW TWO maka si_B harus mengambil 2 kartu dan selanjutnya yang jalan adalah si_C.
Si_C harus membuang kartu sewarna dengan kartu DRAW TWO yang dibuang si_A atau bisa juga membuang kartu DRAW TWO yang lain (Sewarna ataupun tidak).



Selain kartu yang berwarna merah, hijau, biru dan kuning, terdapat kartu joker [ WILD ] dan [WILD DRAW FOUR]. Keunggulan kartu ini adalah, kartu ini dapat dikeluarkan kapan pun tidak perlu menyamakan dengan kartu sebelumnya. Setelah mengeluarkan kartu joker ini, maka pemain (Pembuang) harus memilih warna selanjutnya. Misalnya, bila memilih warna selanjutnya hijau.





Kartu WILD DRAW FOUR
Pemain selanjutnya harus mengambil 4 kartu dari kocokan dan giliran dia dilewat. Misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: si_A, si_B, si_C dan si_D, bila si_A mengeluarkan kartu WILD DRAW FOUR maka si_B harus mengambil 4 kartu, kemudian si_A memilih warna yang selanjutnya yang jalan adalah si_C sesuai dengan warna yang dipilih si_A.



2 komentar:

  1. ada warna ungu bertengah putih n tidak ada angka atw tulisan apapun,itu berguna untuk apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu buat pilih angka.
      kalau hitam kan pilih warna.

      Hapus

**_**